Skip to main content

Pemdes Sosokan Cinta Mandi Laksanakan Musdesus Penetapan Penerima BLT-DD Tahun Anggaran 2023

Lugasnews.com, Lugasnews.com- Bertempat di Balai Desa Sosokan Cinta Mandi, Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (musdesus) untuk memvalidasi dan finalisasi penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2023, pada hari Jum'at (24/02/2023).

Disampaikan Kepala Desa Sosokan Cinta Mandi Eko Sudarman Hadi jumlah penerima Bantuan di tahun 2023 berkurang dikarenakan intruksi dari Menteri Keuangan nomor 201/PMK.07/2022.

kepahiang

"Sesuai intruksi dari pemerintah pusat penerima bantuan langsung tunai ini berfokus untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim  yang mana menjadi program nasional pemerintah pusat," sampai Kepala Desa.

Dia menambahkan ada 4 kreteria Kelaurga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai dan setiap calon Keluarga Penerima Manfaat sudah di jaring oleh tim relawan BLT-DD untuk di saring kambali dalam musdesus.

"Usulan - usulan yang di usulkan oleh tim relawan BLT-DD hari ini, didalam acara Musdesus kita vinalkan untuk kelayakanya yang benar - benar layak atau tidak layak menerima. Dalam peraturan terbaru keluarga penerima bantuan jumlah minimal nya 10 persen dan maksimal 25 persen dari total Dana Desa, dengan kriteria penerima seperti Sakit menahun, disabilitas, penyakit kronis, kehilangan mata pencarian dan tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah seperti BPNT dan PKH," jelas Eko Sudarman Hadi.

Dari hasil Musdesus finalisasi dan validasi pemerintah dan BPD Desa Sososkan Cinta Mandi telah menetapkan sebanyak 28 Keluarga Penerima Manfaat, setiap KPM akan menerima BLT-DD sela 12 bulan terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2023 dengan jumlah 300 ribu setiap bulanya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Bermani Ilir, DPMD, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, dan seluruh Lapisan Masyarakat. Kegiatan ini berjalan lancardan kondusif. (ADV/Jajat)

Daerah

Advertise