Skip to main content

Pembangunan IKN Harus Didukung Seluruh Elemen Masyarakat

Pembangunan IKN Nusantara

Lugasnews.com- Pembangunan IKN terus berproses, IKN Nusantara membutuhkan dukungan seluruh masyarakat Indonesia. dan perlu ada pemahaman yang kuat ke masyarakat mengenai Ibukota negara baru, demikian disampaikan oleh Dr. Faris Alnizar.,M.Hum (Dosen Humaniora UGM) dalam Zoom Meeting, tema IKN Nusantara Potensial Dalam Membangun Kemajuan Peradaban, yang diselenggarakan oleh Harmoni Muslim Nusantara, Jumat (11/11/2022). 

“Dukungan masyarakat dan para tokoh juga diperlukan mengingat potensi besar yang ada selama proses Pembangunan Ibukota Baru. Edukasi kepada masyarakat dibutuhkan dalam hal literasi terkait teknologi dan informasi mengenai Ibukota Negara yang baru. Jangan sampai konsep smart city yang dicanangkan tidak berjalan baik hanya karena kualitas manusianya yang kurang memahami teknologi”

Pembangunan Ibukota Baru bisa belajar dari pengalaman ibukota saat ini terkait perkembangan jalan tol, saluran air dan infrastruktur lainnya yang memadai.  Kemudahan moda transportasi di ibukota yang sekarang bisa memberikan gambaran yang mungkin bisa diterapkan Ketika ibukota baru dibangun. Banyak hal yang mungkin terjadi dalam pembangunan Ibukota Baru. Segala teknologi dapat dikembangkan demi menunjang pembangunan smart city yang diharapkan. 

“Konsep hijau dalam pembangunan IKN dapat diibaratkan tidak menebang pohon tapi mencabutnya. Dari sisi ekologis dalam konsep forest city yang utama tidak mengganggu alam” demikian lanjutnya. 

Pembangunan IKN tidak hanya terfokus pada tiga aspek namun juga harus menyentuh aspek kebudayaan dan aspek sensitif lainnya. Secanggih apapun sebuah kota (smart city) jika tidak dibarengi dengan kualitas masyarakatnya maka semua yang diharapkan tidak akan terwujud dengan baik. Harapan pembangunan IKN saat ini berada pada Pemerintah yang akan mewujudkannya.