Skip to main content

Banggar DPRD Kepahiang, Pembahasan Raperda APBD Tahun 2023

Banggar DPRD Kepahiang Pembahasan Raperda APBD Tahun 2023

Lugasnews.com, Kepahiang- Setelah tuntas melakukan pembahasan dana hibah dalam Raperda APBD Kabupaten Kepahiang Tahun Anggaran 2023, Selasa (15/11/2022). Banggar DPRD bersama TAPD Kabupaten Kepahiang mulai menjadwalkan pembahasan anggaran bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkup Pemerintah Kabupaten Kepahiang.

Melalui pembahasan yang dilaksanakan di Ruang Banggar Kantor DPRD Kabupaten Kepahiang, Banggar DPRD bersama TAPD sepakat mengundang OPD yang dianggap perlu untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut terkait program dan kegiatan yang akan dilaksanakan melalui Raperda APBD Tahun 2023.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra, S.E., M.Si  menerangkan dengan alokasi dana perimbangan Kabupaten Kepahiang Tahun 2021-2022 yang dinilai mengalami penurunan yang cukup signifikan, hingga diketahui bahwa defisit anggaran pada saat penyampaian nota pengantar oleh Bupati Kepahiang sebesar kurang lebih Rp. 195 Milyar, kemudian telah ditekan menjadi kurang lebih sebesar Rp. 141 Milyar, hingga akhirnya Banggar DPRD bersama TAPD Kabupaten Kepahiang dalam pembahasannya berhasil menekan defisit hingga menjadi 0 (Nol).

“Memang konsekuensinya OPD selain penerima DAU yang ditentukan hanya mendapat alokasi anggaran untuk kegiatan rutin atau kebutuhan dasar kantor, hampir dikatakan tidak memiliki program dan kegiatan yang signifikan, akan tetapi kita sadar bahwa ini adalah kondisi keuangan yang telah disampaikan oleh Menteri Keuangan kepada Kabupaten Kepahiang,” sampai Andrian Defandra.

Oleh karena itu melalui kesepakatan Banggar DPRD bersama TAPD Kabupaten Kepahiang pada pembahasan selanjutnya akan mengundang OPD yang dianggap perlu untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut terkait program dan kegiatan yang akan dilaksanakan melalui Raperda APBD Tahun 2023.

Diketahui rapat pembahasan Raperda APBD Kabupaten Kepahiang Tahun Anggaran 2023 ini dihadiri sejumlah anggota Banggar DPRD yaitu Drs. Basing Ado, Hamdan Sanusi, S.Sos., Ansori M, Anudin, S.Sos., Abdul Haris, S.E., Nanto Usni, Joko Triono, Taswin Nata Diningrat dan Eko Guntoro, S.H. Selanjutnya dari TAPD hadir Kepala Bappeda M. Solihin, S.Hut selaku Wakil Ketua TAPD beserta anggota dan Sekretariat TAPD Kabupaten Kepahiang. (ADV/rls).