by

Launching Desa Wisata dan Desa Pramuka, Sebelat Ulu Tawarkan Pesona Alam

Lebong– Bupati Lebong Kopli Ansori resmikan desa wisata dan desa Pramuka di desa Sebelat Ulu kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. Launching destinasi wisata alam dan bumi perkemahan di Desa Sebelat Ulu ditandai dengan penandatangan prasasti patung perintis daerah pinang belapis. Kamis (28/10/2021).

Dua agenda peresmian desa wisata dan Pengukuhan desa pramuka dihadiri langsung oleh Sekda Provinsi Bengkulu, Ketua ASIDEWI (Asosiasi Desa Wisata) Provinsi Bengkulu, Bupati dan Wakil Bupati, Kajari, Dandim 0409 Rejang Lebong, unsur Muspida dan Organisasi Perangkat Daerah Lebong.

Dalam sambutannya, Ketua ASIDEWI Provinsi Bengkulu, Suimi Fales menyampaikan, ASIDEWI sudah mendampingi selama 3 tahun dan hari ini dilaunching untuk desa Wisata. ASIDEWI akan terus mendampingi hingga Wisata desa Sebelat Ulu lebih dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan.

“ASIDEWI sudah mendampingi selama 3 tahun. Pada hari ini dihadiri langsung oleh Bupati, Sekda Provinsi, OPD, Kajari dan tamu undangan. Tentu desa Sebelat Ulu semakin dikenal. Kedepan, ASIDEWI akan terus mendapingi agar desa wisata di Sebelat Ulu akan terus maju.” Ujar Suimi Fales yang juga menjabat sebagai DPRD Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Ahmad Buchari, selaku kepala desa Sebelat Ulu, Potensi wisata di desanya meliputi jalur pendakian Gunung Taman Nasional Kerinci Sebelat dengan ketinggian 2.383 MDPL dengan jarak tempuh dari desa 16 KM. Selain itu, wisatawan bisa bercoaching dalam pengamatan burung di Taman Nasional Kerinci Sebelat. Wisata Religi tepatnya berkunjung ke Makamnya Pesirah Kelambun. Ia merupakan termasuk 200 orang yang diberikan kesempatan mengobati tokoh proklamator Presiden pertama Soekarno. Glamor camping, camping ground dan Bumi perkemahan serta kuliner khas daerah suku Rejang.

“Kami sudah memiliki beberapa gaet, potter, itu dipusatkan di pos sesuai kebutuhan pengunjung. Gunung sebelat ini kami angkat bertaraf international. Dimulai dari arahan bapak Presiden untuk pemulihan ekonomi nasional. Memaksimalkan potensi yang ada sehingga mampu menciptakan lapangan kerja bagi ibu-ibu dan pemuda desa yang pengangguran.” Ujar Kades Ahmat

Kegiatan launching ini juga dimeriahkan oleh atraksi melukis dengan mata tertutup oleh seniman yang mendapatkan rekor MURI pembuat patung Bung Karno terbesar di Blitar. Lukisan harimau tersebut dinamai Puyang Imau dan dilelang oleh Bupati Lebong. Lukisan tersebut terjual dengan harga 25,7 Juta.

Pengukuhan desa Pramuka diawali dengan upacara Pramuka di Bumi Perkembahan dipimpin langsung oleh Hamka Sabri selaku Sekda Provinsi Bengkulu dan dihadiri oleh anak-anak pramuka dan pembina. Kegiatan dilanjutkan dengan Launching Desa Wisata dengan pemotongan pita peresmian desa wisata sekaligus penandatanganan prasasti patung tokoh perintis desa oleh Bupati Kopli. (Red)

Comment