by

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades di Kepahiang Dituntut 2,5 Tahun Kurungan

Kepahiang– Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu melakukan sidang dengan agenda pembacaan tuntutan yang di bacakan oleh jaksa penuntut umum( JPU) terhadap dua orang mantan pejabat desa yakni berinisial TF mantan Kades Sukamerindu dan MA selaku pendamping desa, Senin (04/10/2021).

Diketahui dua orang tersebut tersandung kasus duggan perkara Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Dana Desa Sukamerindu Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang tahun 2017 lalu.

Kajari Kepahiang Ridwan SH melalui Kasi Pidsus Riky Musriza didampingi Kasi Intel Sudarmanto, SH, menerangkan dua terdakwa dengan tututan yang berbeda.

“Sementara, untuk terdakwa TF dituntut terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam dakwaan Subsidiar Pasal 3 UU 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dgn UU 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor dengan pidana penjara selama 2 tahun 6 bulan, Sedangkan terdakwa MA dituntut pidana penjara selama 2 tahun, ” ungkap Riky Musriza, SH, M.H.

Lanjutnya, Selain pidana penjara masing-masing terdakwa juga dituntut pidana denda Rp.50 Juta dan juga pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti masing-masing untuk terdakwa MA sebesar Rp.286.882.795 sedangkan untuk terdakwa TF sebesar Rp. 35.000.000.,-.

“Atas pertimbangan ada berapa hal yang memberatkan terhadap terdakwa, hal yang memberatkan para terdakwa yakni merugikan terhadap keuangan negara. Sedangkan hal yang meringankan para terdakwa bersikap sopan selama persidangan dan kooperatif,” pungkasnya.(jw)

Comment