by

Gubernur Rohidin Ikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Selain Gubernur, tampak hadir dan mengikuti rangkaian acara Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri, unsur OPD, FKPD dan Instansi Vertikal.

Agenda acara ini terhubung langsung secara virtual ke ruangan Rapat MPR RI dan diikuti secara khidmat oleh hadirin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah akan memastikan masyarakat tetap bisa memperoleh pekerjaan yang layak, sekaligus memacu perekonomian nasional di tengah masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan presiden saat memberikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021). Menurutnya, pandemi telah menghambat laju pertumbuhan ekonomi. Meski demikian, lanjutnya, pandemi tidak boleh menghambat proses reformasi struktural perekonomian dalam negeri.

“Struktur ekonomi kita yang selama ini lebih dari 55% dikontribusikan oleh konsumsi rumah tangga, harus terus kita alihkan menjadi lebih produktif dengan mendorong hilirisasi, investasi dan ekspor,” katanya.

Jokowi menjelaskan fokus pemerintah adalah menciptakan sebanyak mungkin lapangan kerja baru yang berkualitas. Selain itu, implementasi UU Cipta Kerja juga terus dipercepat. Urusan seperti pajak, perizinan, hingga insentif bisa dilakukan lebih cepat, lebih transparan, dan lebih mudah.

Pekan lalu, lanjutnya, pemerintah juga telah meluncurkan Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko untuk mempermudah semua level dan jenis usaha. Dia berharap kemudahan yang diberikan dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Dia menilai peningkatan kelas pengusaha UMKM merupakan agenda utama. Berbagai kemudahan disiapkan untuk menumbuhkan UMKM, termasuk kemitraan strategis dengan perusahaan besar agar dapat segera masuk dalam rantai pasok global.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM, serta meningkatkan pemerataan dan kemandirian ekonomi masyarakat,” pungkas Jokowi.

Comment