by

Capai Angka 6,29%, Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Tertinggi ke-3 di Sumatera

Beberapa upaya tersebut diantaranya dengan mendorong berdirinya UMKM warung kopi (warkop) digital dengan kopi Robusta Bengkulu sebagai triger , yang diharapkan menjadi pusat ekonomi desa.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Rohidin Mersyah dalam Program Ngobrol @Tempo dengan tema Upaya Daerah Dalam Menggerakkan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Di masa Pandemi, yang bisa disimak kembali melalui chanel youtube Tempodotco.

Selain menggerakkan ekonomi, program warung kopi yang terintegrasi dengan dunia digital ini menurut Gubernur Rohidin bisa menjadi pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat desa.

“Warung kopi digital mampu menjadi wadah edukasi sekaligus promosi produk unggulan daerah. Selain itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan seperti transaksi keuangan, termasuk pembayaran listrik hingga ruang belajar daring,” ujarnya.

Pemprov Bengkulu juga menggelar lomba desa wisata yang dirasa sangat potensial untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi dari tingkat desa. Bahkan beberapa desa telah merasakan dampak positif dari program ini.

Selain itu percepatan penyerapan anggaran baik dana DAK termasuk APBD didorong tepat waktu, karena turut berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi Bengkulu saat ini berada pada angka 6,29 %. tertinggi ke 3 di Sumatera.(Red/MC)

Comment