by

Gerbang TWA Bukit Kaba Akan Segera Dibangun, Berpeluang Bangkitkan Pendapatan Desa

Kepahiang, Lugasnews.com– Dalam Pengembangan pembanguna di sektor wisata pihak Dinas pariwisata Kabupaten Kepahiang telah merancanakan Pembangunan Gerbang TWA Bukit Kaba Resort Bukit Hitam dan sangat membantu untuk membuka Peluang Desa dalam Pendapatan Asli Desa ( PADes).

Hal tersebut dikatakan kepala Dinas Pariwisata pemuda dan Olahraga Teddy Adeba, ST saat di temui diruang kerjanya Selasa (02/03).

“Bahwa titik nol pembangunan gerbang TWA bukit Kaba tersebut berada di desa air sempiang Kecamatan Kabawetan, Dengan adanya gerbang TWA itu, tentu akan memberikan peluang bagi Desa untuk meningkatkan pendapatan Asli Desa (PADes)” Sampainya.

“Kalau Untuk rute dari gerbang ke bukit Kaba itu dikelola oleh BKSDA sedangkan diluarnya itu dapat dikelola oleh desa melalui Dana BUMDes. Anggaran Dari Bumdes Tersebut Bisa Membangun, lahan parkir, home stay/penginapan para Pengunjung, pemandu wisata,dan bisa menjajakan produksi UMKM” Tuturnya.

Tahun ini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi Bengkulu bakal membangun pintu gerbang ke TWA Bukit Kaba resort Bukit Hitam. Hal itu tentu menjadi potensi untuk lebih menggeliat kan potensi wisata yang ada di kecamatan kabawetan.

Sedangkan Kelomook Sadar Wisata (empok Darwis) Desa Air Sempiang. Sudah Melakukan Survei Lokasi, sebelum mencapai Bukit Kaba. Disana Ada Air Panas, Air Terjun,Kawah Hitam serta Padang Safana. semua Wisata Disana sangat mempesona untuk dipandang. (Jajat

Comment