by

Pemerintah Kabupaten Kepahiang Gelar Acara Penyusunan RKPD Tahun 2022

Kepahiang, Lugasnews.com– Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022 dengan mengusung tema ‘Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Optimalisasi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia, yang diselenggarakan di Gues House, Rabu (10/03/2021). Yang sebelumnya telah dilaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrembangcam) se- Kabupaten Kepahiang.

Acara ini dihadiri Sekretaris Bappeda sebagai perwakilan Gubernur Bengkulu, Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang, Sekda Kepahiang, Forkopimda, Wakil Ketua II DPRD Kepahiang, Wakil Bupati Rejang Lebong, Sekda Kabupaten Empat Lawang, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Benteng, para Asisten dan Staf Ahli Kabupaten Kepahiang, Kepala Bappeda seProvinsi Bengkulu, para OPD, tokoh masyarakat, LSM, Forum Anak Daerah Kepahiang, BUMN, BUMD dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Hidayat menyampaikan bahwa pada saat yang sama pemerintah daerah telah menyusun RPJMD 2021-2024.

“Proses pembangunan harus tetap berlanjut, Berkesinambungan, Terintegrasi serta Selaras dengan Pembangunan Nasional yang ada di Provinsi Bengkulu,” sampai Bupati Hidayat.

Dari pelaksanaan Musrenbang ini, Bupati juga mengharapkan masukan masukan yang bersifat positif  dan sharing pendapat dari seluruh stake holder untuk menyempurnakan penyusunan RKPD dengan tetap memperhatikan keadaan daerah.

Mewakili Gubernur Rohidin Mersyah, Sekretaris Bappeda Provinsi Bengkulu Erditus Chandra Erlana menyampaikan bahwa Musrenbang Kabupaten/Kota merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten/Kota Tahun 2022.

“Musrenbang merupakan momentum yang sarat makna. Karena ini merupakan masa kerja tahun pertama pasca dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang 2021-2024. Sehingga kedepan pemerintah daerah harus dapat menterjemahkan kebutuhan masyarakat yang diwujudkan dalam pelaksanaan RKPD dan RPJMD,” sampai Sekretaris Bappeda Provinsi Bengkulu.

Beliau juga berharap agar pelaksanaan Musrenbang tahun ini dapat menghasilkan rencana pembangunan yang bersifat komprehensif dalam rangka mewujudkan visi-misi Kabupaten Kepahiang yang Maju, Mandiri, Sejahtera serta Berdaya Saing.

Plt. Kepala Bappeda Feri Irawan, ST saat membacakan laporan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang dimaksudkan untuk memperoleh saran, masukan dan pertimbangan dari seluruh peserta rapat sehingga program pembangunan di Kabupaten dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Tujuan dilakukannya Musrenbang adalah untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari stake holder dalam rangka penyempurnaan penyusunan rencana kerja tahun anggaran tahun 2022,” terang  Feri Irawan, ST.

Disamping itu dari seluruh rangkaian teknis pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan, Kecamatan Seberang Musi mendapatkan predikat sebagai pelaksana musrenbangcam terbaik se-Kabupaten Kepahiang.

“Kecamatan Seberang Musi terpilih sebagai pelaksana terbaik Musrenbang tingkat Kecamatan. Yang mana penilaian ini mengacu pada tiga aspek yaitu dari teknis pelaksanaannya, tingkat partisipasi, dan penerapan Prokes pada penyelenggaraannya,” tutup Feri. (JW/ADV)

Comment