by

Besok Gerhana Matahari Cicin Terlihat di Bengkulu

Bengkulu, Lugasnews.com– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) bakal terlihat diatas langit di 8 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu pada 21 Juni besok.

Gerhana Matahari cicin tersebut melintasi 8 kabupaten dan Kota Bengkulu, antaea lain Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang. Selanjutnya, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma.

“Namun ada dua Kabupaten yang tidak dilintasi GMC seperti kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur,”Kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu Latiman, Sabtu(20/06).

Ia Menjelaskan, Untuk Waktu fenomena GMC yang teramati di Bengkulu hanya sekitar 0,55 jam.

“Bisa kita lihat sekitar pukul 14.29 WIB. Sedangkan puncak GMC terjadi pada pukul 14.59 WIB dan berkahir pada pukul 15.21 WIB,” terangnya.

Selain itu Ia mengatakan, GMC yang teramati dari langit Bengkulu berupa gerhana matahari sebagian dan tidak penuh seperti di daerah lain.

“Dengan magnitudo antara 0,002 di Kecamatan Tais, Kabupaten Seluma, hingga 0,030 di Kabupaten Mukomuko.Sedangkan di Kota Bengkulu, durasi fenomena GMC ini dapat diamati sekitar 23 menit. Sementara di Kabupaten Bengkulu Tengah dengan durasi gerhana 26 menit, 12,6 detik, Kabupaten Rejang Lebong dengan durasi 38 menit, 29,7 detik, Kabupaten Kepahiang dengan durasi 34 menit, 3,3 detik,Kabupaten Seluma dengan durasi 11 menit, 47,7 detik, Kabupaten Mukomuko dengan durasi 51 menit, 23,9 detik, Kabupaten Lebong dengan durasi gerhana 44 menit, 27,1 detik dan Kabupaten Bengkulu Utara dengan durasi gerhana 36 menit, 27,1 detik,”jelasnya

Pihak BMKG juga menghimbau bagi masyarakat jika ingin mengamati  fenomena tersebut denga menggunakan alat seperti kaca mata.(**)

Comment