by

Bertambah, Kasus Positif Covid-19 di Bengkulu Menjadi 40 Orang

BENGKULU, lugasnews.com– Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu merilis data dan informasi pasien Covid-19. Tim kesehatan menjabarkan, per hari ini (Selasa, 12 Mei 2020) terdapat 3 penambahan kasus konfirmasi corona. Sehingga, Provinsi Bengkulu tercatat ada 40 positif Covid-19.
“Ada 3 penambahan kasus konfirmasi hari ini, satu dari Kota Bengkulu yang merupakan tenaga kesahatan, perempuan 26 tahun dan saat ini dirawat di RS Kota Bengkulu. Kemudian penambahan dua orang dari Kaur dan sudah dilakukan isolasi,” papar Jadiliwan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan.
Kasus konfirmasi itu tercatat sebagai kasus 38, 39 dan 40. Untuk kasus 39, merupakan perkembangan riwayat kontak dari kasus pertama. Tracing kontak eratpun dilakukan kepada keluarga, yang kemudian tercatat sebagai kasus 40.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni menjelaskan, kasus 39 dari Kaur itu merupakan laki-laki berumur 58 tahun. Sebelumnya, pada orang tersebut telah dilakukan uji Swab dengan hasil negatif. Karena ada penemuan dari kontak erat  terdapat kasus konfirmasi, maka dilakukan pendalaman dan dilakukan Swab kembali.
“Pendalaman dari kontak tracing ditemukan ada yang positif, dilakukanlah Swab kembali dan hasilnya positif. Pasien keluhan hanya batuk ringan, dan sekarang sudah diisolasi. Keduanya ini (39 dan 40) adalah keluarga,” tutur Herwan Antoni.
Sedangkan dari seluruh kasus konfirmasi yang saat ini sedang menjalani perawatan di RS maupun yang isolasi mandiri, ada kabar baik dari pasien 16 yang swabnya menunjukkan negatif. Untuk itu, Dinkes Provinsi Bengkulu akan memastikan pihak RS ataupun tim kesehatan untuk lakukan pengecekan kondisi klinis pasien, kemudian dipantau perkembangannya agar bisa dilakukan Swab kembali.
“Kalau kondisi klinisnya sehat tidak ada keluhan gangguan kesehatan, kemudian dua kali berturut Swabnya Negatif, maka orang itu sembuh dan bersih dari virus Covid-19” kata Herwan.
Tim Kesehatan juga terus melakukan penelusuran dengan melakukan Rapid Test kepada tenaga kesehatan, sejumlah pegawai pemerintahan, dan juga wartawan. Rapid Test yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah hari ini sejumlah 114 dan ada 4 yang hasilnya menunjukkan reaktif.
“Dua laki-laki dan dua perempuan, semuanya tidak ada gejala. Tentunya, sesuai protokol penanganan Covid-19, yang reaktif ini dilakukan isolasi dan dipantau perkembangannya,” imbuh Jubir Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu.
Berdasarkan perkembangan data dan informasi Covid-19 Provinsi Bengkulu, ada 90 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Rincian 40 kasus konfirmasi Covid-19 adalah 38 dalam masa perawatan, 1 meninggal dan 1 dinyatakan sembuh.(Rr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed